Teknologi pembelajaran dibangun atas dasar prinsip-prinsip yang
diambil dari teori psikologi, terutama teori belajar dan hasil-hasil
penelitian dalam kegiatan pembelajaran, Atwi Suparman (1997) yang
mengutip pendapat Filbeck mengelompokkan prinsip-prinsip yang digunakan
dalam pembelajaran menjadi 12 macam, yaitu :
a. Prinsip : Responden yang berakibat menyenangkan pembelajaran
[2] Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta; Bumi Aksara, 1995). 57
a. Prinsip : Responden yang berakibat menyenangkan pembelajaran
- Perlunya umpan balik positif dengan segera.
- Keharusan pembelajar untuk membuat respon
- Perlunya pemberian latihan (Exerice) dan tes
- Perlunya kejelasan mengenai standar kompetensi dasar
- Penggunaan variasi metode atau media
- Pemberian isi materi pokok yang berguna
- Imbalan dan penghargaan terhadap keberhasilan pembelajar
- Seringnya pemberian latihan dan tes
- Pemberian kegiatan belajar yang mirip dengan kondisi dunia nyata
- Pemberian contoh-contoh riil/nyata
- Penggunaan variasi dan metode dan media
- Perlunya keseimbangan dalam memberikan contoh (baik-buruk, positif negatif, ganjil-genap, konkrit-abstrak, dan sebagainya)
- Perlunya menarik/ memusatkan perhatian pembelajar
- Penggunaaan buku teks terprogram
- Pemenggalan kegiatan menjadi kecil-kecil , disertai latihan dan umpan balik,
- Penggunaan metode dan media yang dapat menggambarkan model (simplifikasi) dari benda/kegiatan nyata.
- Standart kompetensi maupun kompetensi dasar hendaknya dirumuskan seoprasional mungkin dan diturunkan/dijabarkan melalui analisis instruksional.
- Urutan pembelajaran dimulai dari yang sederhana bertahap menuju ke yang makin kompleks.
- Kemajuan harus di informasikan.
- Pentingnya penguasaan materi prasyarat.
- Kesempatan untuk maju menurut kecepatan masing-masing.
- Pemberian kebebasan kepada pembelajar untuk memilih waktu, cara dan sumber belajar lain.
del.icio.us Tags: tujuan pembelajaran,prinsip pembelajaran
[1] Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Berbasis Kompetensi (SMA), Pedoman Pembelajaran tuntas, (Jakarta: 2003).5[2] Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta; Bumi Aksara, 1995). 57
0 comments:
Posting Komentar