Jumat, 09 Desember 2011

Kurikulum dan Masa Depan Pendidikan


Salah satu tumpuan pendidikan yang selama ini sering mendapat sorotan adalah kurikulum. Betapa tidak, kurikulum sering menjadi kambing hitam kemunduran pendidikan suatu bangsa. Jika pendidikan merosot, banyak pihak dengan serta merta menuding bahwa “kurikulum” yang berlaku tidak sesuai dengan perkembangan, kurikulumnya tidak baik, harus diganti, harus dibenahi, dan sebagainya.


Jika kita mencoba mencermati kurikulum yang diberlakukan selama ini, dari sejak tahun 1970-an hingga sekarang, maka pada intinya semangat kurikulum adalah sama, yaitu bagaimana agar kurikulum yang ada mampu menjabarkan semua tujuan pendidikan dalam suatu muatan kurikulum yang selanjutnya di implementasi di dalam proses pembelajaran di kelas. Ujung tombak Implementasi kurikulum ada pada pelaksanaan tugas dan tanggung jawab guru. Oleh karena itu, guru adalah pelaksana terdepan dari kurikulum.

Fungsi dan peran guru dalam implementasi kurikulum menjadi landasan bagi tercapainya tujuan pendidikan melalui kurikulum, sedangkan tercapainya tujuan pendidikan menjadi jaminan bagi masa depan pendidikan dan jalan bagi terwujudnya cita-cita bangsa. 

0 comments:

Posting Komentar

SMK Plus Assuyuthiyyah " Belajar, Bangun, Bangkit dengan Keahlian untuk Masa Depan yang Gemilang "



By ViKrY'X MadZ
 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week