Jumat, 07 Oktober 2011

Kurikulum


  • KTSP
    (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005. Panduan yang disusun BSNP terdiri atas dua bagian. Pertama, Panduan Umum yang memuat ketentuan umum pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam SI dan SKL.Termasuk dalam ketentuan umum adalah penjabaran amanat dalam UU 20/2003 dan ketentuan PP 19/2005 serta prinsip dan langkah yang harus diacu dalam pengembangan KTSP. Kedua, model KTSP sebagai salah satu contoh hasil akhir pengembangan KTSP dengan mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada Panduan Umum yang dikembangkan BSNP. Sebagai model KTSP, tentu tidak dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan hendaknya digunakan sebagai referensi.
    Panduan pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
    belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
    belajar untuk memahami dan menghayati,
    belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
    belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
    belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

    A. Landasan

    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    Ketentuan dalam UU 20/2003 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).

    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
    Ketentuan di dalam PP 19/2005 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.

    Standar Isi

    SI mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : kerangka dasar dan struktur kurikulum, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. SI ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006.
    Standar Kompetensi Lulusan
    SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 23 Tahun 2006.

    B. Tujuan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

    Tujuan Panduan Penyusunan KTSP ini untuk menjadi acuan bagi satuan pendidikan SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, dan SMK/MAK dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan.
    C. Pengertian
    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
    D. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
    KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah. Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi, dan berpedoman pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP .
    KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
    Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
    Beragam dan terpadu
    Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
    Relevan dengan kebutuhan kehidupan
    Menyeluruh dan berkesinambungan
    Belajar sepanjang hayat
    Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
     
  •  
  • Profil Keahlian TKJ
Teknik Komputer & Jaringan
Profil Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK

KOMPETENSI DASAR TKJ
  1. Merakit personal computer
  2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
  3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
KOMPETENSI KEJURUAN TKJ 

1. Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar  
2. Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC  
3. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal  
4. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC  
5. Melakukan perbaikan periferal  
6. Melakukan perawatan PC  
7. Melakukan instalasi sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) dan command line interface (CLI)  
8. Melakukan instalasi software  
9. Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)  
10. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan  
11. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan  
12. Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Text  
13. Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)  
14. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)  
15. Membuat desain sistem keamanan jaringan  
16. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)  
17. Mengadministrasi server dalam jaringan  
18. Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network  
19. Merancang web data base untuk content server  

  • PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN  

I. Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan
  1. Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya

    II. Visi dan Misi SMK

    Visi
    Menjadi lembaga diklat yang menghasilkan sumber daya manusia yang profesional yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional
    Misi
    Melaksanakan pembelajaran yang berwawasan keunggulan dengan menerapkan teknologi informatika, untuk menghasilkan tamatan yang bertaqwa, mempunyai unjuk kerja dan kemampuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupannya.

    III. Tujuan SMK

    1. Mempersiapkan tamatan yang memiliki kepribadian dan berakhlak mulia sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten sesuai program keahlian pilihannya
    2. Membekali peserta didik untuk berkarir, mandiri yang mampu beradaptasi dilingkungan kerja sesuai bidangnya dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi di masyarakat.
    3. Membekali peserta didik sikap profesional untuk mengembangkan diri dan mampu berkompetisi di tingkat nasional, regional dan internasional.

    IV. Tujuan Program Keahlian Administrasi Perkantoran

    Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
    1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat;
    2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
    3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
    4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;
    5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;
    6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

    V. Standar Kompetensi Lulusan SMK

    1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
    2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
    3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
    4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
    5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
    6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
    7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
    8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
    9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
    10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
    11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
    12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
    13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
    14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
    15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
    16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
    17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
    18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
    19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
    20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
    21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
    22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
    23. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya

    VI. Stándar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran SMK

    1. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (Sebagian)
    a) Mampu mengoperasikan komputer PC
    b) Mampu mengoperasikan sistem operasi soft ware
    c) Mampu menggunakan teknologi komputer untuk mengolah data, keperluan sehari-hari serta keperluan yang terkait dengan kebutuhan dunia kerja
    d) Mampu mengoperasikan PC dalam suatu jaringan serta mengoperasikan web design
    2. Kewirausahaan
    a) Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya
    b) Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya
    c) Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupannya
    d) Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam bidangnya
    3. Dasar Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran
    a) Pengetahuan Dasar Manajemen
    b) Pengetahuan Dasar Akuntansi
    c) Pengantar Administrasi Kantor
    4. Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran
    a) Kerjasama dengan kolega-kolega dan pelanggan-pelanggan
    b) Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja
    c) Berkomunikasi melalui telepon
    d) Memberikan pelayanan kepada pelanggan
    e) Mengaplikasikan dasar komunikasi
    f) Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja
    g) Menjaga dan melindungi budaya kerja
    h) Melakukan prosedur administrasi
    i) Menggunakan peralatan kantor
    j) Menangani penggandaan dan pengumpulan dokumen
    k) Merencanakan dan melakukan pertemuan
    l) Menangani surat masuk dan surat keluar
    m) Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas
    n) Mencatat dikte untuk menghasilkan naskah
    o) Menciptakan dan menghasilkan dokumen
    p) Menghasilkan dokumen sederhana
    q) Mengatur perjalanan bisnis
    r) Memproses transaksi keuangan

    VII. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

    1. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
    Standar Kompetensi
    Kompetensi Dasar

    1. Mengoperasikan PC stand alone
    2. 1 Mengoperasikan operasi berbasis teks
    2. 2 Mengoperasikan operasi berbasis Graphic User Interface (GUI)

    2. Mengoperasikan sistem operasi software
    2. 1 Menginstal sistem operasi dan software
    2. 2 Mengoperasikan software pengolah kata
    2. 3 Mengoperasikan software spreadsheet
    2. 4 Mengoperasikan software presentasi
    2. 5 Mengoperasikan software aplikasi basis data

    3. Mengolah data aplikasi
    3. 1 Melakukan entry data aplikasi dengan keyboard
    3. 2 Melakukan update data dengan utilitas aplikasi
    3. 3 Melakukan delete data dengan utilitas aplikasi
    3. 4 Melakukan entry data dengan image scanner
    3. 5 Melakukan entry data dengan OCR (Optical Character Recognition)

    4. Mengoperasikan PC dalam jaringan
    4. 1 Menginstal software jaringan
    4. 2 Mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi

    5. Mengoperasikan web-design
    5. 1 Mengoperasikan web-browser
    5. 2 Mengoperasikan software email client
    2. Kewirausahaan
    Standar Kompetensi
    Kompetensi Dasar

    1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
    1. 1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausahawan
    1. 2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif
    1. 3 Merumuskan solusi masalah
    1. 4 Mengembangkan semangat wirausaha
    1. 5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
    1. 6 Mengambil resiko usaha
    1. 7 Membuat keputusan

    2. Menerapkan jiwa kepemimpinan
    2. 1 Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet
    2. 2 Mengelola konflik
    2. 3 Membangun visi dan misi usaha

    3. Merencanakan usaha kecil/mikro
    3. 1 Menganalisis peluang usaha
    3. 2 Menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha
    3. 3 Menyusun proposal usaha

    4. Mengelola usaha kecil/mikro
    4. 1 Mempersiapkan pendirian usaha
    4. 2 Menghitung resiko menjalankan usaha
    4. 3 Menjalankan usaha kecil
    4. 4 Mengevaluasi hasil usaha
    3. Dasar Kompetensi Kejuruan
    Standar Kompetensi
    Kompetensi Dasar
    1. Pengetahuan Dasar Manajemen
    1.1. Hubungan Administrasi, organisasi dan manajemen
    1.2. Ruang Lingkup Manajemen
    1.3. Fungsi-fungsi Manajemen
    1.4. Penerapan fungsi-fungsi Manajemen serta hubungannya dalam kegiatan
    1.5. Kepemimpinan
    1.6. Manfaat motivasi dalam manajemen
    1.7. Hubungan antar manusia dalam organisasi
    2. Pengetahuan Dasar Akuntansi
    Pengertian dan Ruang Lingkup Akuntansi
    Konsep dasar akuntansi
    Penyusunan laporan keuangan
    Pengelompokan transaksi usaha dan perkiraan
    Akuntansi untuk perusahaan jasa
    Siklus akuntansi perusahaan dagang
    3. Pengantar Administrasi Kantor
    3.1. Manajemen Perkantoran
    3.2. Pengorganisasian Personal Kantor
    3.3. Pekerjaan Kantor
    3.4. Pengelolaan Perbekalan Kantor
    4. Kompetensi Kejuruan
    Standar Kompetensi
    Kompetensi Dasar
    1. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja
    1.1. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja
    1.2. Menghadapi situasi-situasi darurat/emergency
    1.3. Menjaga standar keamanan penampilan pribadi
    1.4. Memberikan umpan balik mengenai keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja
    2. Berkomunikasi melalui telepon
    2.1. Respon untuk panggilan telepon masuk
    2.2. Melakukan panggilan telepon
    3. Memberikan pelayanan kepada pelanggan
    3.1. Identifikasi kebutuhan pelanggan
    3.2. Penyampaian pelayanan pada pelanggan
    4. Mengaplikasikan ketrampilan dasar komunikasi
    4.1. Identifikasi proses komunikasi ditempat kerja
    4.2. Menulis konsep informasi
    5. Menjaga dan melindungi budaya kerja
    5.1. Memelihara prosedur kerja
    5.2. Mendukung perbaikan yang berkesinambungan
    5.3. Memelihara prosedur pencatatan
    6. Melakukan prosedur Administrasi
    6.1. Proses dokumen-dokumen kantor
    6.2. Dasar surat-menyurat
    6.3. Mengurus dan menjaga sistem dokumen
    7. Menangani penggandaan dan pengumpulan dokumen
    7.1. Memilih alat yang sesuai dengan tugas
    7.2. Membagikan dokumen
    8. Merencanakan dan melakukan pertemuan
    8.1. Merencanakan dan mempersiapkan pertemuan
    8.2. Menyelenggarakan pertemuan
    8.3. Menggandakan dan mendistribusikan hasil pertemuan
    9. Menangani surat masuk dan keluar (mail handling)
    9.1. Menerima dan mendistribusikan surat masuk
    9.2. Menerima dan mendistribusikan surat keluar
    9.3. Mengelola surat yang penting dan harus diterima pada hari yang sama
    9.4. Mengelola dan mengirim e-mail
    10. Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas
    10.1. Menetapkan kebutuhan bahan dan alat kearsipan
    10.2. Memilih sistem yang sesuai
    10.3. Mengimplementasikan sistem kearsipan
    11. Mencatat dikte untuk menghasilkan naskah
    11.1. Mencatat naskah dengan audio tape
    11.2. Mendikte naskah untuk catatan
    12. Menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen
    12.1. Kebiasaan aman dalam pelatihan-pelatihan kerja
    12.2. Menetapkan ukuran-ukuran bagi struktur dan bentuk dokumen naskah
    12.3. Bentuk dokumen-dokumen naskah
    12.4. Menghasilkan dokumen-dokumen naskah
    13. Menghasilkan dokumen sederhana
    13.1. Menggunakan praktekkerja yang aman
    13.2. Memastikan akan kebutuhan dokumen
    13.3. Memproduksi dokumen
    14. Mengatur perjalanan bisnis
    14.1. Merencanakan perjalanan bisnis
    14.2. Mengatur perjalanan bisnis
    14.3. Membuat laporan perjalanan bisnis
    15. Memproses transaksi keuangan
    15.1. Proses penerimaan uang dan pembayaran
    15.2. Melakukan rekonsiliasi
     

0 comments:

Posting Komentar

SMK Plus Assuyuthiyyah " Belajar, Bangun, Bangkit dengan Keahlian untuk Masa Depan yang Gemilang "



By ViKrY'X MadZ
 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week