1.
Dasar
Kompetensi Kejuruan
Untuk pengelompokan mata pelajaran
gunakan SK / KD yang diterbitkan oleh PSMK.
Standar Kompetensi (SK) yang ada dimasukkan dalam kolom mata pelajaran
sedangkan Kompetensi Dasar (KD) dimasukkan
ke dalam kolom KD. Untuk mempermudah
pembuatan dapat menggunakan program microsoft excel.
No.
|
Mata Pelajaran/SK
|
KD
|
∑ jam /pertemuan
|
∑ pertemuan
|
Total jam Pembelajaran
|
TM
|
PS
|
PI
|
Total Jam
Terstruktur
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
1
|
Memahami Dasar-dasar multimedia
|
Memperagakan
Pengetahuan dan Syarat – Syarat Multimedia
|
6
|
19
|
114
|
54
|
60
|
|
84
|
2
|
Mengidentifikasi
Komponen Multimedia
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Memilih
dan Memakai Software dan Hardware untuk Multimedia
|
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi
Kejuruan
No.
|
Mata Pelajaran
|
Unit Kompetensi
|
∑ jam /pertemuan
|
∑
pertemuan
|
Total jam Pembelajaran
|
TM
|
PS
|
PI
|
Total Jam Terstruktur
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
1
|
Meengoperasian Periferal
|
Mengoperasikan
periferal untuk pembuatan grafis
|
4
|
76
|
304
|
96
|
208
|
100
|
225
|
Mengoperasikan
periferal web
|
|||||||||
Mengoperasikan
periferal multimedia
|
|||||||||
Mengoperasikan
periferal animasi 3D
|
|||||||||
Mengoperasikan
periferal perekam suara
|
|||||||||
Mengoperasikan
periferal perekam gambar
|
|||||||||
2
|
Melakukan Entry data
|
Melakukan entry data [grafis] dengan menggunakan Image scanner (Level 1)
|
2
|
57
|
114
|
46
|
68
|
40
|
95
|
Melakukan entry data [web] dengan
menggunakan Image scanner (Level 2)
|
|||||||||
Melakukan entry data [multimedia] dengan menggunakan Image scanner (Level 2)
|
|||||||||
3
|
Mengoperaskan software Grafis
|
Mengoperasikan software pengolah gambar vektor (digital illustration)
|
5
|
38
|
190
|
90
|
100
|
100
|
165
|
Mengoperasikan software pengolah gambar raster (digital imaging)
|
|||||||||
4
|
Mengoperasikan Web
|
Mengoperasikan software web design
|
6
|
19
|
114
|
48
|
66
|
40
|
91
|
5
|
Mengoperasikan software pembuatan Animasi
|
Mengoperasikan software 2D animation
|
5
|
57
|
285
|
105
|
180
|
60
|
210
|
Mengoperasikan software basic 3D animation (Level 1)
|
|||||||||
Mengoperasikan software model 3D animation (Level 2)
|
|||||||||
6
|
Mengoperasikan FTP
|
Mengoperasikan software FTP
|
4
|
19
|
76
|
24
|
52
|
40
|
60
|
7
|
Mengoperasikan Software
Presentasi
|
Mengoperasikan software presentasi (Level 2)
|
4
|
19
|
76
|
24
|
52
|
40
|
60
|
8
|
Mengoperasikan software Audio Vidio
|
Mengoperasikan software multimedia
|
6
|
38
|
224
|
78
|
146
|
100
|
176
|
Mengoperasikan software digital audio
|
|||||||||
Mengoperasikan software digital video
|
|||||||||
9
|
Mengoperasikan software Visual Efek
|
Mengoperasikan software visual effects
|
8
|
19
|
152
|
48
|
104
|
80
|
120
|
|
|
|
|
|
|
|
|
600
|
1202
|
Kolom 1 :
Diisi dengan nomor urut
Kolom 2 : Diisi dengan nama mata pelajaran (hasil
analisis pengelompokan kompetensi/clustering yang ditetapkan oleh Direktorat PSMK). Nama mata pelajaran merupakan nama standar
kompetensi. Sesuaikan nama SK dengan
yang dikeluarkan oleh PSMK berdasarkan Spektrum yang baru tahun 2008.
Kolom 3 : Diisi dengan sejumlah Kompetensi Dasar
(KD) (kolom 2)
Kolom 4 :
Diisi dengan jumlah kebutuhan jam per
pertemuan (berdasarkan empirik dan hasil analisis silabus). Perlu diperhatikan
jika dalam 1 mata pelajaran terdapat 3 SK
Kolom 5 : Diisi
dengan prediksi jumlah / frekuensi pertemuan.
(Frekuensi pertemuan bukan merupakan satuan dalam minggu)
Kolom 6 : Diisi
dengan hasil perkalian kolom 4 dan 5.
Jam total merupakan jam ril yang diperlukan untuk pelaksanaan
pembelajaran di sekolah untuk teori (TM) dan praktik di sekolah (PS).
Kolom 7 dan 8 : Diisi dengan alokasi jam untuk TM, PS yang
merupakan distribusi dari Total jam (kolom 6)
Kolom 9 : Diisi dengan estimasi jam untuk PI
Kolom 10 :
Diisi dengan hasil perhitungan jam terstruktur
dengan rumus = TM
+ PS + PI
1
2 4
Berdasarkan Tabel diatas
selanjutnya kolom 4 dan 5 dapat digunakan untuk menyusun jadwal
pelajaran. Penyusunan jadwal mata pelajaran harus memperhatikan urutan kompetensi yang
tertera pada diagram pencapaian kompetensi.
Pelaksanaan sistem blok dapat dilakukan dengan menjumlahkan total jam TM
dan PS dan mendistribusikan total jam tersebut sesuai dengan blok waktu yang diinginkan.
Sedangkan kolom 10 merupakan alokasi jam yang tertera pada struktur
kurikulum
0 comments:
Posting Komentar