Senin, 24 Oktober 2011

PEMBAGIAN JAM KOMPONEN PRODUKTIF


1.   Dasar  Kompetensi Kejuruan

Untuk pengelompokan  mata pelajaran gunakan SK / KD yang diterbitkan oleh PSMK.  Standar Kompetensi (SK) yang ada dimasukkan dalam kolom mata pelajaran sedangkan Kompetensi Dasar (KD)  dimasukkan ke dalam kolom KD.  Untuk mempermudah pembuatan dapat menggunakan program microsoft excel. 


No.
Mata Pelajaran/SK
KD
∑ jam /pertemuan
∑ pertemuan
Total jam Pembelajaran
TM
PS
PI
Total Jam Terstruktur
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
1
Memahami Dasar-dasar multimedia
Memperagakan Pengetahuan dan Syarat – Syarat Multimedia
6
19
114
54
60

84
2
Mengidentifikasi Komponen Multimedia






3
Memilih dan Memakai Software dan Hardware untuk Multimedia












2.   Kompetensi Kejuruan

No.
Mata Pelajaran
Unit Kompetensi
∑ jam /pertemuan
pertemuan
Total jam Pembelajaran
TM
PS
PI
Total Jam Terstruktur
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
1
Meengoperasian Periferal
Mengoperasikan periferal untuk pembuatan grafis
4
76
304
96
208
100
225
Mengoperasikan periferal web
Mengoperasikan periferal multimedia
Mengoperasikan periferal animasi 3D
Mengoperasikan periferal perekam suara
Mengoperasikan periferal perekam gambar
2
Melakukan Entry data
Melakukan entry data [grafis] dengan menggunakan Image scanner (Level 1)
2
57
114
46
68
40
95
Melakukan entry data [web] dengan menggunakan Image scanner (Level 2)
Melakukan entry data [multimedia] dengan menggunakan Image scanner (Level 2)
3
Mengoperaskan software Grafis
Mengoperasikan software pengolah gambar vektor (digital illustration)
5
38
190
90
100
100
165
Mengoperasikan software pengolah gambar raster (digital imaging)
4
Mengoperasikan Web


Mengoperasikan software web design
6
19
114
48
66
40
91
5
Mengoperasikan software pembuatan Animasi
Mengoperasikan software 2D animation
5
57
285
105
180
60
210
Mengoperasikan software basic 3D animation (Level 1)
Mengoperasikan software model 3D animation (Level 2)
6
Mengoperasikan FTP
Mengoperasikan software FTP
4
19
76
24
52
40
60
7
Mengoperasikan Software Presentasi
Mengoperasikan software presentasi (Level 2)
4
19
76
24
52
40
60
8
Mengoperasikan software Audio Vidio
Mengoperasikan software multimedia
6
38
224
78
146
100
176
Mengoperasikan software digital audio
Mengoperasikan software digital video
9
Mengoperasikan software Visual Efek
Mengoperasikan software visual effects
8
19
152
48
104
80
120








600
1202

Kolom 1                : Diisi dengan nomor urut
Kolom 2                :  Diisi dengan nama mata pelajaran (hasil analisis pengelompokan kompetensi/clustering yang ditetapkan  oleh Direktorat PSMK).  Nama mata pelajaran merupakan nama standar kompetensi.  Sesuaikan nama SK dengan yang dikeluarkan oleh PSMK berdasarkan Spektrum yang baru tahun 2008.
Kolom 3                : Diisi dengan sejumlah Kompetensi Dasar (KD)  (kolom 2)
Kolom 4                : Diisi dengan jumlah kebutuhan jam per pertemuan (berdasarkan empirik dan hasil analisis silabus). Perlu diperhatikan jika dalam 1 mata pelajaran terdapat 3 SK
Kolom 5                :       Diisi dengan prediksi jumlah / frekuensi pertemuan.  (Frekuensi pertemuan bukan merupakan satuan dalam minggu) 
Kolom 6                :       Diisi dengan hasil perkalian kolom 4 dan 5.  Jam total merupakan jam ril yang diperlukan untuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah untuk teori (TM) dan praktik di sekolah (PS).
Kolom 7 dan 8      :  Diisi dengan alokasi jam untuk TM, PS yang merupakan distribusi dari Total jam (kolom 6)
Kolom 9                :  Diisi dengan estimasi jam untuk PI
Kolom 10              : Diisi dengan  hasil perhitungan jam terstruktur dengan rumus  =  TM  +  PS + PI
                                                                                                                               1         2       4

Berdasarkan  Tabel diatas selanjutnya  kolom  4 dan 5 dapat digunakan untuk menyusun jadwal pelajaran.  Penyusunan jadwal mata pelajaran  harus memperhatikan urutan kompetensi yang tertera pada diagram pencapaian kompetensi.  Pelaksanaan sistem blok dapat dilakukan dengan menjumlahkan total jam TM dan PS dan mendistribusikan total jam tersebut sesuai dengan blok waktu yang diinginkan. 
Sedangkan kolom 10 merupakan  alokasi jam yang tertera pada struktur kurikulum


0 comments:

Posting Komentar

SMK Plus Assuyuthiyyah " Belajar, Bangun, Bangkit dengan Keahlian untuk Masa Depan yang Gemilang "



By ViKrY'X MadZ
 

Popular Posts

Popular Posts this month

Popular Posts this week